Cake Tape Keju

Halo semua! Untuk mengawali blog aku ini, gimana kalo aku share resep kue penemuanku yang terbaru? haha yeesss!!! Resep yang akan aku share ini adalah hasil dari mengarang bebas dan asal cemplang-cemplung pagi tadi. 


Tape Peuyeum

Jadi ceritanya kemarin siang aku ketemu penjual tape peyeum keliling itu lohhh yang kelilingnya naik motor. Aku beli tuh tiga ribu perak wkwk. Dapet berapa dong? ya dikit.. hehe sekitar seperempat kilo lah kayaknya. 

Setelah kembung minum es tape yang suegerrr dan aduhai bohai, kok rasanya tangan gatel yahh mau bikin cake. Nahhhhhh pagi tadi tuh aku baking bermodalkan keyakinan dan bahan-bahan kue seadanya di rumah. Resep cake ini terinspirasi dari cara pembuatan pound cake dan butter cake dengan cara mengocok margarin atau butter dengan gula sampai mengembang terlebih dulu.

Kepanjangan nggak sihhh prolognya? Yuk simak resepnya!


Bahan-bahan :
  • 150 gr tape peyeum
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 120 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin
  • 80 gr gula halus 
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • secukupnya vanilla essence/ekstrak
  • 50 gr keju cheddar
  • sejumput garam
Cara Membuat :
  1. Haluskan tape dan susu kental manis menggunakan garpu. Sisihkan.
  2. Kocok margarin, gula, garam, dan vanilla ekstrak hingga mengembang pucat.
    Sampai pucat gitu yaaaa. Itu item-item vanilla bean, aku pake vanilla bean asli.
  3. Masukkan telur satu per satu, kocok lagi hingga rata homogen.
  4. Masukkan tape yang sudah dihaluskan. Kocok sebentar hingga rata.
  5. Masukkan terigu, BP, BS, kocok dengan speed paling rendah asal rata atau bisa diaduk dengan spatula.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang bolu yang sudah dioles margarin tipis-tipis.
  7. Tabur keju parut di atas adonan.
  8. Panggang adonan pada oven suhu 160-170 derajat selsius hingga matang. 
    Kejunya banyak!
Tips :
  • Gunakan tape dengan sedikit air atau cenderung kering supaya kue tidak bantat.
  • Gunakan telur baru yang fresh supaya kue tidak beraroma amis telur.
  • Panggang adonan pada suhu di atas, karena adonan matangnya agak lama ya tadi aku sekitar 1 jam gitu.
  • Kalo pake oven kompor, pake apinya sedang cenderung kecil.


Udah ada niat pengen coba belum?
Haha.
Oke makasih yaaa udah baca sampe akhir. Sampai jumpa di edisi berikutnya!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer